Selasa, 31 Maret 2015

Janganlah memuji diri.

Amsal 27:1 -2 
Janganlah memuji diri karena esok hari, karena engkau tidak tahu apa yang akan terjadi hari itu. Biarlah orang lain memuji engkau dan bukan mulutmu, orang yang tidak kaukenal dan bukan bibirmu sendiri.

Tahukah Anda istilah Self-esteem atau sikap yang menghargai diri sendiri, memandang diri kita berharga dan memiliki keistimewaan. Namun demikian Self-esteem yang berlebihan menyebabkan seseorang menjadi pribadi yang sombong dan meremehkan orang lain. Salah satu ciri dari Self-esteem adalah kebiasaan memuji diri atas prestasi, karakter, kondisi fisik dan kebaikan yang pernah dilakukan secara berlebihan tanpa ada perasaan risih dan rasa malu.

Amsal dengan jelas mengatakan “Janganlah memuji diri karena esok hari… Biarlah orang lain memuji engkau dan bukan mulutmu, orang yang tidak kau kenal dan bukan bibirmu sendiri.” (ayat 1-2). 

Raja Salomo memberikan peringatan agar kita tidak memuji diri sendiri, tetapi biarlah orang lain. Di sisi lain untuk membangun keberanian dan rasa percaya diri dibutuhkan self-esteem atau sikap menghargai diri sendiri. Namun penting untuk di waspadai ialah kebiasaan memuji diri sendiri menyebabkan seseorang menjadi sombong dan mulai meremehkan orang lain. Merasa diri hebat padahal tidak ada apa-apanya dan kerapkali berakhir dengan kehancuran. 

Orang yang suka memuji diri sebenarnya menyimpan perasaan untuk mencari dan mendapat pengakuan. Padahal pengakuan itu akan datang dengan sendirinya ketika kita melakukan segala sesuatu dengan tulus dan kerja keras. Ketahuilah Tuhan tidak pernah menahan apa pun yang patut kita terima. Karena itu perlunya penguasaan diri dalam segala sesuatu.,
Sahabat Gandoem Mas, memang kita perlu memiliki sikap menghargai diri sendiri, tetapi janganlah lantas memuji diri sendiri dengan berlebihan. Tahukah Anda betapa kejinya kesombongan dikarenakan kebiasaan memuji diri sendiri. Renungkanlah.
JIKA ANDA INGIN ORANG LAIN YANG MEMUJI ANDA MAKA JANGAN PERNAH MEMUJI DIRI ANDA SENDIRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.